Didominasi Generasi Muda Investor Pasar Modal Indonesia Lampaui 9 Juta

Editor: Ary B Prass

 

JAKARTA, KRJOGJA.com – Jumlah investor pasar modal Indonesia telah melampaui 9 juta investor hingga saat ini meningkat lebih dari 1,57 juta single investor identification (SID) atau 21 persen dari tahun sebelumnya.

Dari total jumlah investor pasar modal Indonesia tersebut, sebanyak 81,74 persen di antaranya didominasi oleh investor muda.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi dalam Galeri Investasi (GI) BEI Gathering 2022 secara virtual, Senin (27/6/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan di tengah terciptanya beberapa capaian baru pasar modal Indonesia sekaligus sebagai wujud apresiasi atas komitmen edukasi pasar modal oleh perguruan tinggi, sekolah lanjutan, institusi, dan perusahaan efek anggota bursa yang menjadi mitra kerja sama pendirian GI BEI.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, sehingga dapat terciptanya tonggak pencapaian baru jumlah investor tembus di angka lebih 9 juta investor. Jumlah investor saham pun mengalami peningkatan menjadi 3,988,341 SID per 24 Juni 2022 atau bertambah lebih dari 536 ribu SID atau 15,6 persen dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

Inarno mengatakan beberapa tonggak pencapaian di pasar modal Indonesia tersebut diraih berkat dukungan, kolaborasi, dan sinergi yang baik antara OJK, Self-Regulatory Organization (SRO) serta seluruh stakeholders pasar modal Indonesia.

BERITA REKOMENDASI