DIPA 2018 Segera Dibagikan ke K/L Negara

JAKARTA, KRJOGJA.com –  Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Kemenkeu Askolani mengatakan pemerintah akan menyerahkan daftar isian penyelenggaraan anggaran (Dipa) tahun 2018 kepada kementerian dan lembaga (K/L) serta seluruh Gubernur se Indonesia pada tanggal 6 Desember 2017.

Penyerahan Dipa ini jauh lebih cepat dilakukan agar  KL dan pemerintah daerah sudah bisa belanja anggaran pada Januari 2018 sehingga pembangunan di daerah bisa berjalan lebih awal.

"Kalau dulu menyerahan Dipa di Januari dan biasanya baru bisa dibelanjakan daerah pada bulan Februari atau Maret. Namu  sekarang kita menyerahkan Dipa pada  Desember awal agar di bulan Januari pemda sudah bisa lebih cepat belanja,” kata  Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Kemenkeu Askolani di Jakarta, Senin (04/12/2017).

Askolani juga mengatakan, dampak dengan majunya penyerahan Dipa ini, adalah pembangunan lebih cepat karena uangnya ada.  Karena itu, berharap pada tahun 2018 penyerapan anggaran jauh lebih baik dari tahun 2017 apalagi tahun 2016 karena belanja dilakukan pada awal tahun bukan di triwulan 3 atau 4.

“Dampaknya adalah pembangunan lebih cepat karena ada uangnya.  Karena bukan belanja di akhir tahun tapi di awal tahun,” tegasnya.

Dipaparkan, dengan penyerahan Dipa lebih cepat  pemerintah berharap pemerintah daerah bisa melakukan pra tender pada bulan Oktober dan November 2017 untuk pembangunan di tahun 2018. Namun tandatangan tender ini baru bisa dilakukan setelah Dipa diserahkan. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI