Ditjen Pajak-Kemenkeu Bakal Dipisah

 

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini tengah melakukan reformasi pada internal Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Reformasi ini dilakukan di berbagai sektor, baik itu dari sisi tax payer, SDM, hingga IT. 

Rencananya, Ditjen Pajak juga akan dipisahkan dari institusi Kementerian Keuangan. Hanya saja, hal ini belum dapat dilakukan karena Menteri Keuangan Sri Mulyani masih cukup meragukan kredibilitas Ditjen Pajak

Reformasi pajak itu tidak hanya masalah tax amnesty dan kemudian kami naikkan penerimaan. Persoalannya dalam reform di Indonesia adalah sequence-nya karena kalau ada institusi yang tidak kredibel atau belum, lalu diberi otonomi dan owner orang khawatir dia makin power full. Jadi masalahnya how to design," tuturnya di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (6/12/2016). 

Menurutnya, pemisahan Ditjen Pajak dengan Kementerian Keuangan ini sama halnya dengan pemisahan OJK dengan BI. Untuk itu, perlu waktu untuk memisahkan Ditjen Pajak dari internal Kementerian Keuangan. "Sama ketika pengawasan perankan dipisahkan ke OJK, persoalan bukan fungsi harus independen, kredibel, dan GCG. Persoalannya bagaimana sequence yang benar agar tidak dikompromikan. Jadi masalah institusi, maka desainnya penting," tutupnya. (*)

BERITA REKOMENDASI