Ekonomi RI Bergairah Karena Mudik dan Lebaran

JAKARTA,KRJOGJA.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan perayaan Idul Fitri yang disertai dengan kegiatan mudik memberikan dampak positif pada ekonomi Indonesia. Akibat adanya dua hal ini menimbulkan kegiatan ekonomi bergairah.

‎Sri Mulyani mencontohkan, jika dulu orang kesulitan mencari restoran saat Lebaran, kini banyak restoran yang tetap buka saat Lebaran. Hal ini tentu membuat ekonomi terus berputar.

"Saya perhatikan ekonomi Indonesia selama 1 dekade ini, kalau Lebaran sulit dapat tempat makan. Sekarang tempat usaha sudah mulai pragmatis, jadi bisa buka pas Lebaran. Jadi ini menimbulkan ekonomi yang memutar cukup banyak. Pasti banyak pekerja yang memang membutuhkan dibayar dan butuh bayaran ekstra," ujar dia dalam keterangannya, Minggu (25/6/2017) malam.

Selain itu, dalam satu pekan ke depan, Sri Mulyani juga meyakini perputaran uang dan kegiatan ekonomi masih akan terus meningkat. Hal ini lantaran banyak orang yang akan berlibur dan sekadar rekreasi bersama keluarga.

"Dari perputaran uang, masyarakat pasti akan membelanjakan terutama untuk satu minggu ini cukup besar. Dilihat dari jumlah, mudah-mudahan kita tidak lihat banyak cash ya. Jadi lebih banyak cashless," kata dia.(*)

 

 

BERITA REKOMENDASI