Ikuti The Fed, Suku Bunga Acuan BI Bakal Naik

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menko Perekonomian Darmin Nasution memprediksi tingkat suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate akan naik lagi. Hal ini untuk menekan melemahnya nilai tukar rupiah karena ada kecenderungan tingkat suku bunga AS yakni The Fed akan naik.

"Yang perlu diperhatikan adalah kecenderungan menaikkan suku bunga di AS. Itu juga sesuatu yang kemungkinan berjalan beberapa kali. Itu berarti tingkat suku bunga kita kemungkinan akan naik lagi , karena jika tidak,  kurs dolarnya akan naik lagi,” tegasnya.

Karena itu, tambah Darmin pemerintah perlu kerja sama dengan  BI supaya boleh  tingkat bunga  kebijakan moneter itu naik, tapi bisa juga dijalankan mendorong efisiensi di perbankan. 

“Artinya mendorong bank untuk melakukan efisienkan biaya biaya yang tidak efisien. Yang bisa melakukan itu adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dulu waktu saya di BI kita lakukan karena waktu itu di sana kebijakannya,” tegasnya.

Darmin juga menambahkan ada hal yang dilakukan sehingga peningkatan suku bunga dan kebijakan moneter itu tidak perlu otomatis mendorong tingkat bunga kredit. Karena itu, tahun ini pemerintah menyiapkan secara besar- besaran pengembangan dan pendidikan latihan vokasi yang nanti pelaksanaannya fokusnya tahun depan. 

"Kegiatannya sudah mulai dirancang sekarang, supaya setelah kita membangun infrastruktur dan sebagainya sudah jalan, maka giliran kita memperbaiki SDM  kita sehingga pembangunan infrastruktur itu akan mempengaruhi peningkatan kapasitas ekonomi kita,” tegasnya.

Bila infrastruktur dibangun, paparnya,  itu akan menaikkan kapasitas ekonomi nasional. artinya bagaimana kalau di pelabuhan atau jalan tol, itu kemampuan mengangkut dan mengirim barang darivsatu daerah ke daerah lain itu membuat kapasitas ekonomi meningkat. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI