Indef : Manajemen Risiko Bank Berjalan Baik

JAKARTA, KRJOGJA.comn- Pengamat perbankan dari Indef, Eko Listiyanto menilai, secara keseluruhan manajemen risiko dan pengawasan bank berjalan cukup baik meskipun masih cukup banyak aspek yang perlu dibenahi dalam pengawasan perbankan.

“Ini terlihat salah satunya dari CAR atau Rasio Kecukupan Modal yang masih kuat di level 22,16% dan NPL 3,01% per Mei 2020,” ujar Eko Listiyanto melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu (13/07/2020).

Kendati demikian, Eko menilai persoalan yang dihadapi oleh pemangku kepentingan saat ini adalah sektor riil Indonesia mengalami perlambatan tajam. “Padahal sektor riil ini berinterelasi dengan kinerja bank, sehingga stabilitas indikator kuatnya modal dan terjaganya risiko tersebut (CAR dan NPL) juga akan sangat ditentukan seberapa cepat sektor riil bangkit dari keterpurukan,” jelasnya.

Dia menambahkan, berdasarkan aturan umum untuk CAR perbankan saat ini dikaitkan dengan profil risikonya, namun secara umum di angka 11%. Dengan demikian, posisi CAR perbankan di angka 22,16% per Mei 2020, menggambarkan CAR perbankan yang masih stabil.

BERITA REKOMENDASI