Ini Dia, Tiga Manfaat Elektronifikasi Transaksi Pemda

JAKARTA, KRJOGJA.com – Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, ada tiga manfaat dengan perluasan dan percepatan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP). Pertama, memperkuat efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan negara, yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi di pusat dan daerah dan inklusivitas ekonomi di pusat daerah, serta pemerataan kesejahteraan.

Kedua, kata Fery meningkatkan kualitas pelayanan publik, baik kecepatan transaksi keuangan, dan transparansi, serta mencegah kebocoran pelayanan publik. Sedangkan ketiga, mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital. “Ada tiga manfaat dengan perluasan dan percepatan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) untuk menunjang perekonomian Indonesia,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo disela sela acara penandatanganan Nota Kesepahaman Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, serta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang diwakili oleh Dirjen Aplikasi Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan, di Jakarta, Kamis (13/2).

Dikatakan, berdasarkan pengalaman BI tentang elektronifikasi di berbagai provinsi dan kabupaten yang sudah berhasil itu, penerimaan daerah menjadi berlipat-lipat hingga 5 kali lipat. Karena pembayaran gaji (payroll) di seluruh pemda baik pemprov maupun pemkot sudah terelektronifikasi.

Dijelaskan, untuk Elektrifikasi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online juga sudah dilakukan di 4 provinsi, 18 kota, dan 56 kabupaten. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perluasan untuk setiap daerah bisa melakukan elektronifikasi. “Pengalaman kami, elektronifikasi di berbagai provinsi dan kabupaten yang sudah berhasil itu, penerimaan daerah menjadi berlipat-lipat,” katanya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa ETP apabila dimanfaatkan dengan baik akan menjadi sarana untuk mencapai tujuan diantarinya Deliverable Assurance, ETP menjamin bermanfaat bagi ekonomi dan masyarakat. Mendukung fiskal nasional, ETP dapat otomatisasi pemotongan pajak sehingga meningkatkan pemungutan pajak, serta mendorong perbaikan pelayanan publik dan reformasi birokrasi yang makin baik. (Mam)

BERITA TERKAIT