Inovasi Credit Scoring Jawab Tantangan Gap Kredit di Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com- Pentingnya pengembangan inovasi credit scoring ini juga menjadi salah satu topik diskusi pada Pekan Fintech Nasional (PFN) 2020 dengan tema “Accelerating Financial Inclusion Through Adoption of Innovative Credit Scoring.”

Dalam diskusi tersebut, Kredivo sebagai pelaku fintech lending memaparkan cara kerja inovasi skor kreditnya yang mampu merangkul pengguna dengan histori kredit terbatas, yang selama ini tidak terjamah institusi keuangan konvensional. Lebih lanjut, PFN 2020 yang bertemakan “To Survive and To Thrive: Accelerating National Economic Recovery through Concerted Efforts in the Digitization of Indonesia’s Financial Services” didukung penuh oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan, sebagai wadah untuk berdiskusi bersama para perwakilan senior dari pemerintahan, pelaku industri fintech, e-commerce, dan ekonom. Sebagai bentuk komitmen untuk turut mempercepat inklusi keuangan dan membantu pemulihan ekonomi nasional, Kredivo juga berpartisipasi dalam acara tersebut sebagai sponsor.

Paramananda Setyawan, Chief Data Officer Kredivo mengatakan adopsi machine learning menggunakan kombinasi data tradisional dan alternatif  memungkinkan kami menganalisis skor kredit pengguna dengan metrik setaraf bank, dalam waktu yang lebih cepat dan efisien. Alternatif ini dapat menjadi salah satu solusi untuk menjawab tantangan gap kredit di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI