Insentif Mendorong Investasi

Dalam sambutan pembuka tersebut, Perry menyatakan akselerasi Indonesia Maju harus didasari oleh sikap optimisme dari seluruh pelaku ekonomi dan pengambil kebijakan. “Sinergi kebijakan ekonomi oleh Pemerintah, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan menjadi salah satu kunci keberhasilan menuju akselarasi Indonesia Maju”, tegas Perry.

Selanjutnya Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI) memberikan sambutan kunci (keynote speech/address). Menkeu dalam sambutan tersebut menekankan adanya prasyarat visi Indonesia 2045 menjadi negara maju. Pertama adalah harus mampu menyediakan infrastruktur yang lebih banyak, serta memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Di samping itu, SDM Indonesia juga harus memiliki tingkat adopsi teknologi yang tinggi, serta terdapat perencanaan kewilayahan yang matang.

“Terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 lebih mendorong pelaku usaha untuk berdaya saing dan mendorong pengembangan bidang usaha”, jelas Menkeu RI. Kemudian ditegaskan dari Perpres tersebut terjadi perubahan dari Daftar Negatif Investasi (DNI) menjadi Daftar Positif Investasi dalam rangka memperbaiki iklim investasi di Indonesia.

 

BERITA REKOMENDASI