Instal Aplikasi Berikut Agar Work From Home Tetap Produktif

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Semenjak pandemi Corona melanda, banyak perusahaan dan instansi yang menerapkan kebijakan bagi karyawannya untuk bekerja dari rumah atau sering disebut Work From Home.  Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi setiap usaha, karena kita ketahui bahwa dalam bisnis tertentu untuk melakukan aktivitas jarak jauh bisa dikatakan tidak efisien. Namun tidak perlu khawatir, dengan adanya sejumlah aplikasi perkantoran cukup membantu perusahaan dalam beroperasi.

Tak kalah saat kerja di kantor, tentunya dalam melakukan WFH terdapat beberapa  aplikasi perkantoran yang siap untuk membantu Anda untuk menunjang produktivitas. Beberapa aplikasi berikut memiliki fungsi dan fitur yang berbeda, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan Anda.

Berikut  aplikasi perkantoran  yang wajib ada di gawai kamu :

A. Aplikasi Meeting Online: Zoom

Ketika WFH jarak jauh memang memisahkan. Hal ini tidak menghalangi kerja sama tim apabila tetap menjaga suatu komunikasi. Salah satu aplikasi pilihan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan komunikasi atau meeting yaitu aplikasi Zoom. Kelebihannya Anda bisa melakukan sharing layar sekaligus menggunakan webcam untuk melakukan meeting misalnya.

B. Aplikasi Komunikasi: Slack

Dengan aplikasi Slack, Anda dapat membuat kelompok tim sesuai perannya dan membuat ruang bicara yang berbeda untuk setiap topik. Contohnya, ruang Marketing dimana Anda berbicara dengan team tentang strategi pemasaran.

C. Aplikasi Penyimpanan Bersama: Google Drive

Ketika Anda membutuhkan suatu file yang dimiliki rekan bisnis Anda, biasanya Anda membutuhkan flashdisk. Ketika wfh, Anda akan membutuhkan aplikasi penyimpanan bersama Google Drive. Anda bisa mengupload file yang bisa diakses oleh rekan kerja Anda.

D. Aplikasi Pengelola Keuangan, Stock, Transaksi, Analisa Bisnis: Jurnal by Mekari

Salah satu aplikasi perkantoran canggih yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan, stok, transaksi, sampai analisa bisnis ketika wfh adalah Jurnal. Fitur yang diberikan akan sangat menguntungkan Anda. Anda bisa pantau keuangan, pantau stok sampai melakukan analisa bisnis dengan laporan keuangan yang lengkap dan realtime.

E. Aplikasi Manajemen Kegiatan: Trello

Trello adalah aplikasi perkantoran yang bisa meningkatkan efektivitas kinerja Anda. Aplikasi perkantoran ini seperti catatan to-do-list tetapi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan sangat nyaman digunakan untuk bekerja dari rumah. Wfh menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyebaran virus corona. Untuk meningkatkan produktivitas ketika wfh, Anda bisa menggunakan aplikasi- aplikasi perkantoran pendukung di atas.

Penggunaan teknologi memang menjadi salah satu tips terbaik agar pegawai UKM Anda agar tetap produktif selama work from home dan membuat Anda lebih bisa memantau kinerja dan kondisi bisnis di mana saja dan kapan saja. Ayo, ketahui lebih lanjut tentang software akuntansi terbaik dari Jurnal di website Jurnal atau isi formulir untuk mencoba Jurnal secara gratis. (*)

BERITA REKOMENDASI