Jamkrindo dan Askrindo Jamin Kredit Modal Kerja UMKM

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah meluncurkan program penjaminan kredit modal kerja bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM). Hal ini bertujuan agar UMKM bisa bangkit kembali serta bisa mempercepat memulihkan perekonomian nasional setelah pandemi Covid-19. Adapun lembaga penjaminan modal kerja yang ditunjuk pemerintah adalah PT Jamkrindo dan PT Askrindo.

Saat ini ada sekitar 60,6 juta UMKM di Indonesia, diharapkan bisa program kredit modal kerja ini. Adapun penjaminan modal kerja dari pemerintah mencapai Rp 5 triliun hingga Rp 100 triliun, dengan flatform pinjaman UMKM sampai Rp 10 miliar. Sementara pinjaman modal kerja Diperkirakan akan bisa mencapai Rp 100 triliun dengan jangka waktu penyaluran 18 bulan atau hingga tahun 2021. Pada tahun 2020 ini diperkirakan kredit modal kerja yang bisa disalurkan sekitar Rp 65-80 triliun.

“Ini program komplit dari pemerintah untuk UMKM agar bisa bangkit dan bergerak agar pemulihan ekonomi nasional lebih cepat. Sebelumnya sudah ada restrukturisasi kredit pokok dan subsidi bunga, sekarang ada penjaminan , itu semua kita lakukan agar mereka bisa beraktivitas produktif dan aman dari covid serta menggerakkan perekonomian kita di level akar rumput,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani pada cara peluncuran Penjaminan Kredit Modal Kerja, secara virtual, di Jakarta, Selasa (7/8).

Hadir dalam kesempatan ini antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, dan perwakilan kementerian/lembaga terkait.

BERITA REKOMENDASI