Keandalan Sistem Listrik Jawa-Bali Ditingkatkan

BALARAJA (KRjogja.com) – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) meresmikan pengoperasian Saluran Udara Tegangan Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) tambahan dua sirkit Sularaya-Balaraja bertegangan 500 kilovolt (KV). Saluran transmisi ini dibangun untuk memperkuat sistem kelistrikan Jawa-Bali dan memenuhi tuntutan dunia usaha terhadap kecukupan dan keandalan pasokan listrik. 

"Saluran transmisi ini menyalurkan daya listrik dari pusat pembangkit di Suralaya menuju pusat beban di Jakarta dan kawasan industri Banten," kata Direktur Regional PLN Bagian Barat Murtaqi Syamsuddin di Gardu Induk Balaraja, Banten.

Dia menegaskan, pembangunan transmisi ini sangat penting bagi keandalan pasokan sistem kelistrikan Jawa-Bali. Infrastruktur ini akan memperkuat tulang punggung jaringan sistem Jawa-Bali dengan meningkatkan keandalan penyaluran daya listrik dari pusat pembangkit Suralaya berkapasitas 4.000 megawatt (mw). 

Transmisi ini juga akan meningkatkan kapasitas penyaluran dari pembangkit-pembangkit besar di Suralaya dengan kapasitas di atas 5.500 mw. Pembangunan saluran transmisi sepanjang 68 kilometer tersebut menelan investasi sebesar Rp514 miliar. Adapun, jumlah menara penyangga jaringan sebanyak 172 unit semua terletak di Provinsi Banten. (*)

BERITA REKOMENDASI