Kebijakan Makroprudensial Ampuh Jaga Stabilitas

JAKARTA, KRJOGJA.com – Deputi Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan, kebijakan makroprudensial dinilai ampuh untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dan mencegah terjadinya risiko sistemik selama terjadinya pandemi covid-19 serta dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Di era pandemi ini, sejak tahun 2020 makroprudensial menunjukkan peran penting dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dan mendorong pemulihan ekonomi,” Deputi Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti dalam acara peluncuran buku Kebijakan Makroprudensial di Indonesia, secara virtual, di Jakarta, Jumat (28/5).
BI berkomitmen untuk berkoordinasi dan berkomunikasi bersama pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan menyinergikan kebijakan fiskal dan moneter dan mikroprudensial untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Menurut Destry, BI juga akan terus melakukan bauran kebijakan meliputi kebijakan moneter, sistem pembayaran dan makroprudensial yang bertujuan menjaga stabilitas sistem keuangan. Tak hanya itu kebijakan makroprudensial yang akomodatif juga diyakini dapat membantu perbankan untuk mengoptimalkan penyaluran kredit.

BERITA REKOMENDASI