Kinerja Ekonomi Tumbuh Positif, Pemda DIY Tetap Fokus Genjot Belanja Pemerintah

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY tetap berupaya melakukan akselerasi atau percepatan belanja pemerintah sebagai stimulus pertumbuhan ekonomi DIY baik pada 2021. Stimulus pertumbuhan ekonomi DIY lainnya adalah meningkatkan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maupun sektor-sektor lainnya seperti pertanian, pariwisata dan sebagainya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Beny Suharsono menyampaikan kinerja perekonomian DIY triwulan I 2021 terhadap triwulan I-2020 mengalami pertumbuhan sebesar 6,14 persen (yoy) berlawanan arah dibanding periode yang sama di 2020 yang mengalami kontraksi 0,31 persen. Dengan andil terbesar adalah lapangan usaha/kategori Informasi dan Telekomunikasi sebesar 3,87 persen.

“Kita makin waspada dan terus berupaya menjaga agar ekonomi tetap tumbuh tidak hanya pada triwulan I 2020, namun kinerja ekonomi DIY pada triwulan-triwulan berikutnya. Kami tetap fokuskan dari bawah mulai dari pemberdayaan UMKM karena pertumbuhan ekonomi itu dimulai dari masyarakat yang mempunyai daya tahan yang tangguh,” papar Beny di Komplek Kepatihan, Kamis (6/5).

BERITA REKOMENDASI