Kinerja Keuangan Membaik, PPA Dapat Pengakuan Dua Lembaga Pemeringkat Internasional

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kinerja keuangan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA/Perusahaan) yang terus membaik sepanjang tahun 2022 mendapatkan afirmasi dari dua lembaga pemeringkat internasional, yaitu S&P Global Ratings dan Fitch Ratings.

S&P Global Ratings meningkatkan rating outlook jangka panjang PPA menjadi ‘stabil’ dalam laporan riset yang dirilis Juli lalu. Fitch Ratings juga memberikan outlook stabil dan menaikkan SACP PPA karena adanya peningkatan profil keuangan Perusahaan.

S&P Global Ratings meningkatkan profil kredit mandiri (stand-alone credit profile/SACP) PPA serta menegaskan issuer credit ratings PPA dengan predikat ‘BB/B’.S&P Global Ratings menilai PPA memiliki basis permodalan yang kuat dengan pendekatan yang lebih berhati-hati terhadap pertumbuhan aset, meskipun ada tantangan ekonomi dari faktor eksternal. Fitch Ratings juga memberikan penilaian ‘AA(idn)’ atas obligasi nasional yang diterbitkan PPA serta menilai status, kepemilikan dan kontrol yang sangat kuat dari Pemerintah menjadi faktor penentu.

” PPA telah melakukan sejumlah langkah strategis untuk menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan, mulai dari transformasi organisasi, penguatan struktur permodalan dan likuiditas, penyempurnaan proses bisnis, penguatan manajemen risiko, hingga perbaikan kualitas portofolio aset. Afirmasi dari S&P Global Ratings dan Fitch Ratings memberikan motivasi bagi kami untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja Perusahaan, sehingga dapat memberikan nilai dan dampak yang signifikan bagi negara,” ungkap Direktur Utama PPA Yadi Jaya Ruchandi dalam keterangan tertulis, Jumat (5/8/2022).

BERITA REKOMENDASI