Korban Pinjol Ilegal Makin Banyak, Perlu Pengawasan, Pengaturan Hingga Edukasi Massif

Editor: Ary B Prass

Asosiasi perusahaan pinjol legal diharapkan meningkatkan layanan dan memperbaiki regulasi yang diatur oleh mereka sendiri atau self regulatory organization. OJK didukung oleh aparat akan meningkatkan pengawasan terhadap operasi pinjol sehingga kemungkinan muncul dampak negatif dapat dicegah sedini mungkin termasuk edukasi kepada nasabah sebagai salah satu upaya tindakan preventif.

” Operasi dan penggerebekan terhadap usaha pinjol illegal memang diperlukan, namun hal tersebut tidak cukup. Yang lebih penting adalah masyarakat harus diberi edukasi bahwa meminjam lewat pinjol konsekuensinya harus menanggung tingkat bunga yang tinggi dan waktu pengembalian yang pendek,” tegas Sekretaris ISEI Cabang Yogyakarta Y Sri Susilo yang juga merupakan dosen FBE UAJY.

Susilo menekankan meskipun usaha pinjol ilegal sudah tidak ada lagi namun pemahaman masyarakat terhadap pinjol belum baik maka kasus masyarakat yang terjerat utang pinjol tetap akan muncul. Untuk diketahui, usaha pinjol yang legal juga mengenakan tingkat bunga yang relatif tinggi dan tenor pinjaman yang singkat. (Ira)

 

BERITA REKOMENDASI