Krisis Keuangan Seperti 2008 Bakal Terjadi Lagi? Ini Kata Bill Gates

AMERIKA SERIKAT, KRJOGJA.com – Banyak ekonom mempertimbangkan krisis keuangan pada 2018 menjadi penurunan ekonomi terburuk sejak the Great Depression. Berdasarkan miliarder Bill Gates, Amerika Serikat (AS) sedang menuju hal lain seperti itu.

Pada Selasa waktu setempat, pendiri Microsoft tersebut mengadakan acara "Ask Me Anything" di Reddit. Ketika seorang pengguna bertanya,

"Apakah menurut Anda dalam waktu dekat, kita akan alami krisis keuangan yang serupa pada 2008?" Gates membalas dengan peringatan yang tegas namun masih optimistis."Iya. Sulit untuk mengatakan kapan tapi ini adalah kepastian," ujar Gates, seperti dikutip dari laman Business Insider, Jumat (2/3/2018).

"Untungnya kita berhasil melewati yang itu dengan cukup baik," kata Gates. Gates kemudian menunjukkan teman baiknya dan sesama miliarder Warren Buffett. "Warren telah membicarakan hal ini, dan dia memahami wilayah ini jauh lebih baik dari pada saya," kata dia.

Krisis 2008 menyebabkan resesi besar, yang membuat 8,8 juta orang kehilangan kerja. Kekayaan bersih rumah tangga di seluruh AS turun lebih dari US$ 19 triliun. Jumlah keluarga tunawisma meningkat.Gates pun akhiri jawabannya dengan mengatakan dengan keyakinan kalau inovasi dapat membantu lewati krisis.

"Meski prediksi ada hambatan, saya cukup optimistis tentang bagaimana inovasi dan kapitalisme akan memperbaiki situasi bagi manusia di mana pun," kata dia.

Bill Gates mengatakan, dirinya yakin dunia akan semakin membaik dengan hampir setiap ukuran yang objektif. "Hal itu tidak terjadi secara otomatis. Itu karena orang peduli. Itu karena penemuan ilmiah," ujar dia.(*)

BERITA REKOMENDASI