Lapak Asik Offline Mudahkan Pembayaran Klaim JHT di Masa Pandemi

YOGYA, KRJOGJA.com – Guna membantu peserta mengajukan pembayaran klaim program Jaminan Hari Tua (JHT) akibat maraknya gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di masa pandemi Covid-19, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek menerapkan protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) berupa kanal online, offline dan kolektif.

Penerapan protokol tersebut dipantau langsung oleh Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto dan Direktur Pelayanan BP Jamsostek Krishna Syarif di Kantor Cabang Yogyakarta, Rabu (17/06/2019). Didampingi Kepala Cabang BP Jamsostek Yogyakarta Ainul Khalid menyatakan layanan ini untuk mengantisipasi tingginya lonjakan PHK dan secara nasional klaim telah mencapai angka di atas 921 ribu kasus dan akan terus meningkat.

“BP Jamsostek siap untuk menghadapi gelombang PHK di tengah pandemi ini. Kami telah menyediakan berbagai kanal klaim yang dapat digunakan oleh peserta melalui protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik), yang terdiri dari kanal online, offline dan kolektif,” tuturnya.

Agus menjelaskan protokol LAPAK ASIK yang telah diperkenalkan sejak bulan Maret lalu melalui kanal online antrian bpjsketenagakerjaan.go.id terus disempurnakan. Bahkan peserta yang mengalami kesulitan mengakses LAPAK ASIK online, dapat dilayani langsung di kantor cabang BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia, karena Lapak Asik juga memiliki kanal offline namun tetap mengutamakan protokol kesehatan.

“Lapak Asik offline ini tidak mempertemukan petugas BPJAMSOSTEK dan peserta secara langsung. Kantor cabang BPJAMSOSTEK Yogyakarta menyediakan bilik- bilik yang dilengkapi layar monitor yang terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi dan verifikasi data,” ungkap Agus.

BERITA REKOMENDASI