Layanan TKI dan Perkuat ‘Perisai’, CIMB Niaga Gandeng BPJS Ketenagakerjaan

JAKARTA, KRJOGJA.com –  Setelah resmi menyelenggarakan perlindungan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), BPJS Ketenagakerjaan terus menjalin berbagai kerjasama strategis untuk memuluskan upaya perlindungannya. 

Sebelumnya menjalin kerjasama dengan Bank BNI, kini BPJS Ketenagakerjaan menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) untuk melayani para pahlawan devisa tersebut. CIMB Niaga juga akan mendukung PERISAI atau Penggerak Jaminan Sosial Indonesia, yaitu sistem keagenan yang dikembangkan BPJS Ketenagakerjaan untuk memperluas akuisisi pekerja sektor informal.

Penandatanganan nota kesepahaman antara BPJS Ketenagakerjaan dengan CIMB Niaga dilakukan di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Selasa (26/9), dan ditandatangani oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, dan Presiden Direktur dan Direktur CIMB Niaga, masing-masing Tigor M. Siahaan dan Rahardja Alimhamzah.

Agus menyampaikan  selalu siap bekerjasama dengan pihak manapun untuk mewujudkan perlindungan pekerja, baik institusi pemerintah maupun pihak swasta. Untuk dapat melindungi TKI, dibutuhkan dukungan infrastruktur yang mumpuni, sehingga kerjasama dengan perbankan yang memiliki jaringan di luar negeri tampaknya sudah menjadi keharusan bagi BPJS Ketenagakerjaan. 

Sementara untuk dapat memperkuat peran PERISAI, BPJS Ketenagakerjaan membutuhkan mitra perbankan yang memiliki infrastruktur teknologi yang mampu memproses registrasi dan pembayaran iuran secara digital.

"Kerjasama ini bertujuan memperluas akses pelayanan dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan, khususnya bagi TKI dan PERISAI. Semuanya dilakukan dengan memanfaatkan infrastruktur, keahlian dan pengalaman CIMB Niaga", ujar Agus

CIMB Niaga sendiri tercatat sebagai Bank Umum Kegiatan Usaha 4 (kategori bank tertinggi dari sisi modal inti/Tier-1) di Indonesia, dan sampai dengan 30 Juni 2017 telah memiliki 574 jaringan kantor, yang terdiri atas 505 kantor cabang, 49 unit kantor kas dan payment point (termasuk 21 digital lounge), serta 20 unit kas mobil. Jaringan CIMB Group beroperasi di 9 dari 10 negara ASEAN, dimana negara-negara tersebut merupakan negara tujuan penyaluran TKI. 

Senada dengan Agus, Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, dengan kekuatan jaringan infrastruktur CIMB Group di ASEAN, pihaknya siap menjembatani BPJS Ketenagakerjaan dalam menjangkau pasar yang lebih luas di ASEAN.  "CIMB Niaga merasa terhormat dapat berperan dalam upaya melindungi para TKI dengan memberikan layanan perbankan guna mempermudah para TKI mendapatkan jaminan BPJS Ketenagakerjaan serta mempersiapkan hari tua,” kata Tigor. (*)

BERITA REKOMENDASI