Lembaga Nazhir, ACT Luncurkan Wakaf Saham

JAKARTA, KRJOGJA.com – BNI Group melalui anak perusahaannya yaitu BNI Sekuritas menjalin kerjasama dengan Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap (ACT) menghadirkan sebuah layanan wakaf saham yang objeknya berupa saham syariah yang menjadi keuntungan investasi. Hal itu untuk memberikan layanan secara ekslusif kepada investor wakaf saham,sekuritas juga telah membangun Galeri Wakaf Saham yang berlokasi di gedung Menara 165. 

Peluncuran Galeri Wakaf Saham ini merupakan wujud komitmen BNI Sekuritas dan Global Wakaf sebagai lembaga nazhir untuk berkontribusi memajukan Indonesia dalam semangat  kedermawanan. Didukung dengan jaringan yang kuat antar kedua pihak, BNI Sekuritas percaya bahwa inklusi pasar modal syariah melalui wakaf saham ini semakin mudah tercapai. 

Syahru Aryansyah selaku Presiden Direktur Global Wakaf ACT menyampaikan, galeri Wakaf Saham ini nantinya akan menjadi tempat sinergi antara empat pihak untuk melakukan transaksi jual beli saham syariah. Empat pihak tersebut antara lain Global Wakaf selaku nazir, Perusahaan Efek yakni BNI Sekuritas, BEI sebagai regulator, serta masyarakat yang ingin melakukan transaksi saham syariah. 

“Galeri Wakaf Saham bertujuan untuk mengajak masyarakat baik individu maupun perusahaan agar dapat berinvestasi sekaligus berwakaf saham. Sehingga, selain dapat manfaat di dunia, investor juga insya Allah dapat manfaat untuk akhirat,” kata Syahru dalam sambutannya saat launching Wakaf saham di Bursa Efek Indonesia, Jum’at (09/08/2019). 

Menurutnya, mekanisme wakaf saham disini dapat dilakukan baik terhadap saham syariahnya dan atau terhadap hasil investasinya. Misalkan, investor membeli saham 10 lot, dari 10 lot itu, 5 lotdiinvestasikan untuk pribadi, sementara 5 lot lagi diinvestasikan dalam bentuk wakaf. 

”Mengapa harus wakaf? Karena ini akan menjadi bekal, investasi kita setelah dunia nyata. Jadi akan dibawa ke akhirat. Hasil investasi saham yang diwakafkan tersebut akan digunakan untuk menunjang program-program wakaf produktif yang memberdayakan masyarakat atau mauquf alaih,” ungkap Syahru. 

Dalam kesempatan yang sama Geger N. Maulana, Plt Direktur Utama BNI Sekuritas mengatakan, program tidak boleh berhenti hanya pada ceremonial ini, namun semangat Wakaf juga terus digemakan melalui galeri. Selain itu, pihaknya berharap dengan adanya galeri ini dapat meningkatkan jumlah investor syariah baru minimal ada penambahan 1000 nasabah per tahun. 

Salah satunya program Ritel Wakaf, di mana kehadirannya telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar ritel tersebut. Dengan adanya Galeri Wakaf Saham ini, mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi mewakafkan harta terbaiknya.

“Jumlah investor saham syariah saat ini sudah hampir mencapai 6 persen dari total investor saham di Bursa Efek Indonesia, dan setiap tahunnya terus bertumbuh signifikan,” pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI