Lewat Dana PEN, BRI Bantu UMKM Bertahan dan Bangkit

GUNA memulihkan perekonomian nasional, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelontorkan dana mendukukung program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) berupa restrukturisasi, subsidi bunga dan pinjaman baru kepada para pelaku UMKM dalam rangka mengembangkan usaha mikro.  Program ini terbukti efektif dan berdampak positif bagi kelangsungan usaha mikro tersebut.

Hal tersebut terlihat dari survey BMSI 2020 yang dilakukan oleh BRI di 33 provinsi yang melibatkan 5000 responden yang terdiri dari para pelaku UMKM, terjadi kenaikan sebanyak 67% dibanding tahun lalu.
BMSI merupakan index yang menilai klasifikasi terdiri dari indek aktivitas bisnis untuk melihat situasi sekarang dan 3 bulan mendating. Index ini sebagai tolak ukur UMKM dan sebagai kepedulian BRI.

Menurut Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso, kondisi perekonomian Indonesia saat ini sudah menunjukan cukup baik, meskipun pertumbuhan ekonomi di kuartal 4 masih mengalami minus 0,42% namun secara historis pertumbuhan ekonomi terbilang cukup baik. Dunia usaha optimistis menyongsong tahun 2021 yang tercermin dalam survey aktivitas bisnis UMKM BRI pada kuartal IV Tahun 2020.

BERITA REKOMENDASI