Manfaat Jaminan BPJAMSOSTEK Dinaikkan, Berikut Rincian Selengkapnya

DIREKTUR BPJAMSOSTEK Krishna Syarif didampingi Deputi Direktur Kebijakan Operasional Program (KOP) Yasaruddin melakukan sosialisasi
kenaikan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bertempat di Hotel Eastparc Yogyakarta, Selasa (17/03/2020).

Menurut Krishna kenaikan manfaat itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2019 ini merupakan perwujudan hadirnya pemerintah sebagai regulator dalam menjamin kesejahteraan pekerja.

“Kami mencatat dari total 108 juta angkatan kerja, yang sudah memiliki jaminan sosial hanya 50 juta orang. Bahkan, dari berbagai bencana alam terjadi akhir-akhir ini, dari ribuan korban jiwa yang punya jaminan sosial hanya 5 persen. Ini sangat ironi dan idealnya masyarakat yang sudah memiliki jaminan sosial sekura 70 sampai 80 persen,” kata Krishna yang dihadiri Staf Ahli Gub Bid Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan Pemda DIY Tri Mulyono dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DIY, Andung Prihadi Santosa, serta 150 undangan yang berasal dari pemerintah daerah dan perusahaan peserta BPJAMSOSTEK di wilayah DIY.

Karena itu, Krishna berharap melalui sosialisasi ini bisa meningkatkan kepesertaan jaminan sosial terutama di bidang ketenagakerjaan. Bahkan, perlu kerjasama dengan pemda, pengusaha pemberi kerja dan perwakilan pekerja guna bersama-sama meningkatkan kesejahteraan pekerja. Adapun peningkatan manfaat itu adalah :

BERITA REKOMENDASI