Maybank Bukukan Laba RM 10,9Miliar

KUALA LUMPUR, KRJOGJA.com – Maybank, bank keempat terbesar di Asia Tenggara dari mencatatkan pencapaian tertinggi laba sebelum pajak (PBT) sebesar RM10,9 miliar untuk tahun keuangan yang berakhir 31 Desember 2018 (FY2018).

Pencapaian kinerja ini naik 8,0% dibanding tahun lalu terutama didukung oleh pertumbuhan kredit yang tinggi, biaya overhead costserta provisi yang menurun.

Laba sebelum pajak (PBT) juga  menembus pencapaian tertinggi baru – melampaui RM8 miliar untuk pertama kalinya mencapai RM8,11 miliar atau naik 7,9% secara tahunan.

Untuk kuartal keempat 2018 (4QFY18), PBT naik 5,8% mencapai  RM3,1 miliar dari RM2,93 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, laba bersih tumbuh 9,1%  mencapai RM2.33 miliar dibandingkan RM2,13 miliar pada kuarta keempat 2017.  Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (3QFY2018), PBT dan laba bersih 4QFY2108 juga naik signifikan masing-masing sebesar 17,3% dan 18,9%.

Chairman Maybank, Datuk Mohaiyani Shamsudin mengatakan pencapaian kinerja mencerminkan kekuatan dan daya tahan Group, yang telah menghadapi tahun yang penuh tantangan pada 2018.

“Strategi kami untuk tumbuh secara bertanggung jawab,dengan mengelola biaya dan pricing secara disiplin adalah faktor-faktor utama yang memungkinkan kami untuk tetap berada pada jalur pertumbuhan yang stabil di tengah pasar global dengan volatilitas yang tinggi.

Datuk Mohaiyani menambahkan Direksi memberi penghargaan kepada para pemegang saham dengan usulan deviden single-tier final sebesar 32 sen per saham. Dalam Dividend Reinvestment Plan, deviden yang diusulkan akan terdiri dari 15 sen dibayar tunai dan 17 sen yang  dapat diinvestasikan kembali ke saham biasa baru atau dibayarkan tunai. Ditambah  25 sen deviden interim yang diumumkan sebelumnya, total pembayaran deviden setahun penuh menjadi sebesar 57 sen per saham mencapai RM6,3 miliar atau 77,3% dari laba bersih. 

Total pembayaran deviden juga menerjemahkan kenaikan yields deviden sebesar 6,0% (dibanding 5,6% pada 2017),dan menempatkan Maybank sebagai salah satu bank yang memberikan yields deviden tertinggi di regional.

Sementara itu, Presiden & CEO Maybank Group, Datuk Abdul Farid Alias mengatakan bahwa Group juga memetik manfaat dari jaringan dan fundamental yang kuat di regional, yang memberikan kapasitas untuk  melalui tahun yang penuh tantangan.(*)

 

BERITA REKOMENDASI