Maybank Group Bukukan Laba Bersih RM2,8 Miliar

MAYBANK, bank keempat terbesar di Asia Tenggara dari segi aset mengumpulkan laba sebelum pajak (PBT) Group untuk kuartal I yang berakhir 31 Maret 2020 naik 14,2% menjadi RM2,80 miliar dibandingkan dengan RM2,45 miliar pada periode yang sama tahun lalu, didukung kenaikan pendapatan operasional bersih sebesar 14,7%.

Laba bersih pada kuartal I naik 13,3% menjadi RM2,05 miliar dibandingkan dengan RM1,81 miliar tahun lalu. Pencapaian tersebut mencerminkan pengembalian ekuitas (return on equity) sebesar 10,6% dan laba per saham 18,2 sen, naik 11,4% dari 16,4 sen per saham pada periode yang sama tahun lalu.

Maybank Chairman, Datuk Mohaiyani Shamsudin mengatakan, “Kami berbesar hati dengan pencapaian yang stabil di kuartal pertama kami meskipun terjadi volatilitas pasar yang signifikan dan disrupsi sebagai dampak pandemi COVID-19. Ini mencerminkan ketahanan Maybank dari sikap kehati-hatian yang telah kami ambil selama bertahun-tahun untuk membangun fondasi yang kuat terutama dalam hal modal dan likuiditas.”

Pendapatan operasional bersih pada kuartal pertama sebesar RM6,72 miliar, dibandingkan RM5,86 miliar tahun lalu, didukung oleh pertumbuhan Community Financial Service dan Global Banking. Pendapatan berbasis fee bersih tumbuh 53,2% secara tahunan karena adanya keuntungan dari investasi dan trading, serta diuntungkan dari revaluasi derivatif dan liabilitas keuangan yang lebih tinggi. Namun, pendapatan berbasis dana bersih naik tipis 0,9% mengingat laju ekspansi pinjaman yang lebih lambat dan dampak dari dua pemotongan suku bunga overnight policy (OPR) dalam kuartal tersebut.

BERITA REKOMENDASI