Memasuki Masa Normal Baru, Masyarakat Indonesia Beralih ke Pembayaran Non Tunai

JAKARTA, KRJOGJA.com – Visa, penyedia teknologi pembayaran digital terdepan dunia, hari ini mengumumkan beberapa temuan yang menunjukkan pergeseran kebiasaan dan perilaku berbelanja masyarakat Indonesia seiring era ‘new normal’. Temuan ini berasal dari survei Visa yang melibatkan konsumen dari 40 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Menurut survei tersebut, enam dari sepuluh responden Indonesia (62%) mulai membentuk kebiasaan nontunai, dengan lebih memilih untuk membayar dengan menggunakan kartu atau aplikasi mobile dibandingkan dengan uang tunai. Selain itu, proporsi yang sama mengatakan mereka berniat untuk tetap menggunakan pembayaran digital dan tidak kembali ke uang tunai ketika kondisi darurat saat ini berakhir.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, mengatakan survei ini bertujuan memperoleh gambaran bagaimana perilaku konsumen Indonesia berubah menghadapi tantangan saat ini.

“Kami berbagi temuan ini dengan harapan dapat mendukung ekosistem keuangan di Indonesia dengan data untuk beradaptasi dan menyambut realita baru. Saya percaya melalui wawasan dan kolaborasi yang tepat, kita dapat bersama-sama memajukan perekonomian Indonesia menjadi lebih sigap dan terinformasi.”

 

BERITA REKOMENDASI