Meski Dihantam Pandemi, Realisasi Pajak 2020 Lampaui Target

Sementara Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), menjadi sektor pajak daerah yang paling tinggi sumbangannya yakni mencapai 97,6 miliar. Padahal sebelumnya hanya ditargetkan Rp 82,5 miliar. “Kebijakan bebas denda tunggakan PBB mendapat respons positif dari wajib pajak. Sehingga cukup membantu realisasi PBB,” imbuh Santoso.

Santosa menyebut, kebijakan bebas denda PBB tersebut untuk tunggakan pajak dari tahun 1994 hingga 2019. Realisasi pembayaran PBB dari tunggakan selama sekitar 15 tahun tersebut mencapai Rp 5,6 miliar yang diberlakukan pada periode Oktober hingga Desember 2020. Sedangkan khusus untuk bebas denda dari tunggakan pajak 2020 juga memiliki realisasi yang cukup bagus yaitu mencapai Rp 12,6 miliar.

Pada tahun anggaran 2021 Pemkot Yogya akan melakukan penyesuaian untuk penghitungan PBB. Terutama setelah adanya revisi atas Perda Nomor 2 Tahun 2011 tentang PBB. Pemkot berharap revisi perda tersebut mampu mengatasi polemik yang sempat muncul akibat kenaikan nilai ketetapan PBB pada tahun pajak 2020. “Masyarakat yang masih merasa keberatan dengan nilai ketetapan PBB yang harus dibayarkan juga tetap memiliki kesempatan untuk mengajukan keringanan,” katanya.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI