Negara G20 Perkuat Kerjasama Tangani Covid-19 Sampai Pemulihan Ekonomi

JAKARTA,KRJOGJA.com – Negara-negara G20 sepakat untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi global dalam mengatasi pandemi dan kerentanan yang terjadi. Hal ini untuk menjaga dan mendorong pemulihan ekonomi global.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, pemulihan ekonomi global perlu diarahkan untuk mendukung pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, dan inklusif, dengan menjadikan pertumbuhan yang berwawasan lingkungan sebagai perhatian utama. Serta meningkatkan resiliensi sektor keuangan khususnya di sektor keuangan nonbank.

“Dukungan kebijakan moneter dan fiskal yang kuat telah dapat mendukung pemulihan ekonomi di berbagai negara,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (28/2/2021).

Dirinya mengatakan, IMF memproyeksikan perekonomian global di tahun 2021 dapat tumbuh di atas proyeksi Januari lalu yang sebesar 5,5%, seiring tambahan stimulus ekonomi yang dilakukan beberapa negara besar. Pandemi Covid-19 telah meningkatkan ketimpangan ekonomi di dalam dan antarnegara, oleh karena itu diperlukan percepatan pelaksanaan vaksinasi serta dukungan kebijakan dengan prioritas untuk meringankan dampak pandemi terhadap kelompok masyarakat rentan dan dunia usaha, khususnya UMKM.

BERITA REKOMENDASI