OJK Minta Nasabah yang Telah Direstrukturisasi Bangkit Kembali

Kepala OJK DIY Jimmy Parjiman mengatakan selalu menghimbau kepada IJK di wilayah DIY dalam rangka menumbuhkan kembali perekonomian sehingga bisa kembali seperti semula meskipun belum penuh. OJK senantiasa mengadakan sosialisasi terutama terkait program-program insentif yang digulirkan pemerintah seperti subsidi bunga dan penempatan uang negara kepada bank mitra yang ditunjuk yaitu bank-bank anggota Himbara dan BPD.

“Program subsidi bunga dan penempatan uang negara inilah yang digadang-gadang akan membantu pemulihan ekonomi di sektor riil. Program tersebut telah dijalankan dengan baik oleh bank mitra maupun Bank BPD DIY yang mendapatkan dana penempatan negara sebesar Rp 1 triliun dan diharapkan bisa tersalurkan sebanyak Rp 2,4 triliun, kami akan terus pantau dari rencana penyaluran kredit mereka,” terang Jimmy.

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad menambahkan skema penyaluran kredit baik program restrukturisasi maupun dari penempatan dana pemerintah ini sesuai dengan arahan Kemenkeu. Syarat mendapatkannya harus ada komitmen guna menyalurkan pembiayaan kepada nasabah-nasabah UMKM maupun non UMKM yang ada di DIY. Dengan dana yang lebih murah tersebut maka Bank BPD DIY bisa memberikan kredit kepada nasabah terbaiknya sehingga perekonomian di DIY akan tumbuh.

“Kita siap salurkan pembiayaan tersebut dengan catatan tetap menjalankan prinsip kehati-hatian. Nasabah yang bisa mendapatkanya harus tidak mempunyai catatan kolektivitas yang bermasalah dan sebagainya. Kami pun sudah merancang rencana penyaluran kredit tersebut termasuk bagi kredit mikro,” pungkas Santoso. (Ira)

BERITA REKOMENDASI