Pariwisata dan Pendidikan di DIY Harus Dibuka Bertahap

Ketua Pusat Studi Ekonomi Keuangan dan Industri Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Yogyakarta ini menyampaikan pariwisata dapat didorong segera bangkit dengan konsep pariwisata sehat. Kampanye pariwisata sehat di DIY dapat dilakukan melalui influencer media sosial yang diyakini pengaruhnya cukup kuat dibandingkan promosi melalui media konvensional.

“Perlu kerjasama pemerintah daerah dan perguruan tinggi untuk membuka kembali layanan pendidikan tatap muka di kampus secara bertahap. Kerjasama dengan masyarakat pemilik pondokan dan penyedia layanan kebutuhan mahasiswa juga diperlukan untuk jaminan pemenuhan protokol kesehatan,” ungkap Ardito.

Menurutnya pendidikan tinggi layak dijadikan uji coba pembukaan sektor pendidikan secara bertahap. Sebab masyarakat kampus dianggap memiliki tingkat pengetahuan dan kesadaran lebih tinggi mengenai pandemi dan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Pembukaan aktivitas ekonomi secara bertahap di DIY ini diharapkan tidak memiliki hubungan negatif dengan krisis kesehatan. Dalam hal ini masyarakat DIY harus lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar Pemda DIY menjadi lebih mantap dan yakin dalam membuka aktivitas ekonomi masyarakat baik pariwisata dan pendidikannya,” tegas Ardito.

BERITA REKOMENDASI