Pasar ‘Sejahtera’ Pandansari Diresmikan

BALIKPAPAN (KRjogja.com) – Yayasan Danamon Peduli meresmikan pasar dampingan untuk Program Pasar Sejahtera (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) di Pasar Pandansari, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur sekaligus menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat sebagai upaya untuk mempromosikan pasar rakyat (tradisional), Sabtu (27/08/2016). Program Pasar Sejahtera yang diinisiasi oleh Danamon Peduli sepenuhnya didukung oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Balikpapan, H. M. Rizal Effendy; Deputi Direktur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Suharman Tabrani; Direktur Perbankan Mikro Danamon, Satinder Pal Singh Ahluwalia; Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi; dan Regional Corporate Officer Danamon Wilayah Kalimantan, Eka Dinata.

"Peresmian program Pasar Sejahtera di Pasar Pandansari merupakan kelanjutan dari komitmen kami untuk merevitalisasi pasar rakyat dengan memberdayakan pelaku pasar dan berkerja sama dengan Pemerintah dan otoritas setempat. Skema public-private partnership ini menjamin kesinambungan dari program ini," ungkap Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi sebagaimana keterangan persnya, Senin (29/08/2016).

Menurut Restu manajemen mengambil momentum untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus ini dengan cara mewujudkan pasar rakyat yang bersih dan nyaman sehingga pasar rakyat akan mendapatkan tempat di hati masyarakat, karena pasar pada hakekatnya mencermikan karakter bangsa Indonesia. Adapun dukungan yang sudah Danamon Peduli lakukan di Pasar Pandansari diantaranya pembangunan instalasi pembuangan air limbah, pemberian gerobak motor sampah, oemberian alat pemadam api ringan (APAR).

Restu menambahkan guna peningkatan kapasitas komunitas pasar telah dilakukan pelatihan mitigasi bencana kebakaran, pelatihan pengelolaan keuangan usaha dan keluarga, pelatihan kader kesehatan dan keselamatan kerja serta kegiatan Festival Pasar Rakyat."Kegiatan Festival Pasar Rakyat ini menjadi salah satu kegiatan utama Danamon Peduli di tahun 2016, dimana pada tahun ini Danamon Peduli memiliki anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk mendukung kegiatan tanggung jawab sosial." (*)

 

BERITA REKOMENDASI