Penerimaan Pajak di DIY Baru Rp 4,1 T

YOGYA, KRJOGJA.com –  Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak DIY melaporkan realisasi penerimaan pajak mencapai Rp 4,1 triliun per 4 Desember 2018 dari target penerimaan pajak tahun 2018 sebesar Rp 5,4 triliun atau baru mencapai 75,62 persen. Dari pencapaian penerimaan tersebut, prosentase pertumbuhan pajak Kanwil Ditjen Pajak DIY sebesar 13,40 persen. Sementara, pencapaian penerimaan pajak nasional sebesar Rp 1.140 trilun atau mencapai 80,11 persen.

Kepala Kanwil Ditjen Pajak DIY Dionysius Lucas Hendrawan mengaku masih berusaha meraih sisanya setidaknya 25 persen selama pengujung tahun 2018. "Menjelang berakhirnya tahun 2018, kami mengimbau kepada para Wajib Pajak (WP) agar dapat segera melaksanakan kewajiban perpajakan untuk Tahun Pajak 2018 ini. Kami mengajak WPdan stakeholders terkait untuk bersama-sama mengamankan penerimaan negara" ujarnya di Yogyakarta, Rabu (5/12).

Selain melakukan strategi optimalisasi penerimaan pajak yang sebelumnya seperti meningkatkan kepatuhan dan pemeriksaan, Lucas terus memanfaatkan momentum bulan terakhir untuk mengamankan penerimaan dari sektor APBN dan APBD. Di sisa waktu tersebutlah Pemerintah berusaha menyelesaikan pembayaran-pembayaran yang ada yang sifatnya final atau penyelesaiannya. 

Hal inilah yang tengah fokus dikejar pihaknya baik berhubungan dengan dinas-dinas yang ada di daerah termasuk kementerian dan lembaga yang akan melakukan penyelesaian pembayaran seperti pembangunan gedung dan berbagai macam lainnya.

"Kita berupaya mengamankan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pemerintah dengan APBN dan ABPD, antara lain belanja pemerintah baik pusat maupun daerah. Biasanya selama tiga bulan terakhir jelang akhir tahun kegiatan-kegiatan pemerintah tersebut baru selesai. Terlebih sekarang tengah menggeliat pembangunan mega proyek bandara baru di Kulonprogo. Jadi harapan kami juga ada tambahan lagi penerimaan pajak yang berasal dari sana hingga 2019 nantinya," imbuh Lucas. (Ira)

BERITA REKOMENDASI