Pentingnya Software Payroll dalam Sebuah Perusahaan

Editor: Ary B Prass

 

JAKARTA, KRJOGJA.com– Setiap karyawan instansi atau perusahaan memiliki hak untuk memperoleh imbalan dari hasil kerjanya. Menurut Peraturan Pemerintah No 78 Th 2015 tentang Pengupahan, setiap pengusaha wajib memberikan bukti atau slip gaji kepada karyawannya. Oleh sebab itu, perusahaan wajib mengetahui cara membuat slip gaji untuk bukti resmi pembayaran gaji karyawan.

Slip gaji adalah selembar kertas berisi catatan rincian gaji yang akan diterima oleh karyawan atau pegawai setelah bekerja dalam kurun waktu tertentu misalnya setiap bulan. Nominal rinci slip gaji terdiri dari beberapa komponen pembentuk upah yakni gaji bersih seperti gaji pokok, tunjangan, penambah gaji, dan juga pengurang gaji (nilai pinjaman). Slip gaji menjadi bukti resmi bagi perusahaan bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya terhadap karyawan dan sebagai dokumentasi pengeluaran dana dari perusahaan.

Pengelolaan gaji karyawan dengan slip gaji online atau online payroll akan sangat menguntungkan dibandingkan pengelolaan secara in house. Saat ini perusahaan-perusahaan mulai beralih ke sistem ini, termasuk menggunakan software absensi untuk manajemen sumber daya lainnya secara online.

Berikut alasan mengapa perusahaan perlu beralih ke sistem online payroll :

A. Peningkatan Efisiensi

Biasanya sistem slip gaji manual memerlukan setidaknya satu orang untuk melakukan pemindahan data atau menghitung absen, waktu kerja, tunjangan, pajak, dan kas bon secara manual. Selain itu, karyawan tersebut juga masih harus membuat daftar transfer serta formulir pajak. Tentunya proses ini akan memerlukan waktu yang cukup lama dan harus selesai setiap periode penggajian.

Software payroll online dapat menjadi solusi yang tepat karena dapat melakukan tugas ini secara otomatis atau berdasarkan persetujuan cukup dengan beberapa klik. Dengan software online, HRD dapat membuat ribuan slip gaji dengan mudah dan mengirimkan kepada karyawan melalui email cukup dengan 1 kali klik.

B. Peningkatan Manajemen Karyawan

Sistem online payroll mengatur mayoritas tugas – tugas yang selama ini menyita waktu terkait dengan penggajian. Dengan memilih sistem tersebut, hal ini dapat membebaskan banyak waktu kerja bagi karyawan.

 

BERITA REKOMENDASI