Penukaran Sebulan Lagi, Bank Indonesia Cabut Uang Logam Ini

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bank Indonesia (BI) telah mencabut dan menarik beberapa pecahan uang rupiah dan dari edaran. Namun demikian, masyarakat masih dapat menukarnya dalam kurun waktu 10 tahun sejak waktu pencabutan. Jika melebihi batas waktu, maka uang tidak berlaku lagi.

Melansir dari laman Bank Indonesia, Selasa (28/7/2020), pecahan uang logam Rp 25 telah dicabut sejak 31 Agustus 2010. Artinya, Agustus 2020 ini menjadi tahun terakhir penukaran uang tersebut.

Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No.23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia, sebagaimana telah diubah dengan UU RI No.3 Tahun 2004 pada pasal 23 ayat 4, disebutkan bahwa “Hak untuk menuntut penukaran uang yang sudah dicabut, tidak berlaku lagi setelah 10 tahun sejak tanggal pencabutan.”

Hingga saat ini, terdapat 24 uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran dan masih dapat ditukarkan. Uang rupiah tersebut dapat ditukarkan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri KPw BI-DN) dan Kantor Pusat Bank Indonesia (KPBI).(*)

BERITA REKOMENDASI