Perbankan Indonesia Bisa Buka Cabang Di Filipina

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan, kerjasama Indonesia dan Filipina di bidang ekonomi sudah terjalin dengan cukup baik. Muliaman pun merasa perlu adanya lembaga keuangan yang mewadahi. 

"Dan tadi seperti digambarkan, hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Filipina terus berkembang. Sulawesi Utara in particular dengan bagian selatan Filipina juga sudah banyak interaksi ekonominya," kata dia di Fairmont Hotel, Jakarta, Minggu (4/6/2017).

Hal itu, lanjut Muliaman telah mendorong Otoritas Jasa Keuangan untuk mempercepat dan memperkuat jalinan kerjasama antara Indonesia dan Filipina. Hal ini sebagai langkah awal kedua negara telah melangsungkan penandatanganan kerjasama Letter of Intent. 

Dirinya menyatakan, kerjasama ini merupakan awal perjanjian bilateral sebagai implementasi ASEAN Banking Integration Framework (ABIF). "Nah, oleh karena itu agreement kita ini bisa mempercepat. Sehingga kemudian bank dari Indonesia akan beroperasi di Filipina dan bank dari Filipina akan beroperasi di Indonesia," ujarnya. "Jadi kalau ditanya kapan itu ya negosiasi sejak mulai hari ini terus berjalan, kita akan percepat lah," tambah Muliaman. (*)
 

OJK

BERITA REKOMENDASI