Perekonomian DIY 2020 Tumbuh Melambat

Di sisi eksternal, Miyono mengatakan ekspor dan impor diperkirakan terkontraksi. Pandemi Covid19 yang mempengaruhi perkembangan ekonomi global secara signifikan menyebabkan demand ekspor DIY mengalami penurunan. Travel warning dan kebijakan lockdown di banyak negara membuat kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY berhenti sama sekali. Sementara itu, impor bahan baku untuk industri di DIY pun terhambat karena kebijakan lockdown dari negara.

”Lapangan usaha perdagangan maupun penyediaan akomodasi makan minum diperkirakan terkontraksi akibat penurunan kinerja pariwisata. Angkasa Pura I di DIY memperkirakan skenario most likely arus wisatawan ke
DIY akan terus turun hingga Oktober 2020 dan akan recovery di Desember 2020,” katanya.

Hal ini mengindikasikan pariwisata DIY kemungkinan besar akan terkontraksi pada 2020 dan industri penopang seperti hotel, restoran, hingga perdagangan akan secara langsung terkena dampaknya. Sementara itu, lapangan usaha real estate menurun, seiring pergeseran anggaran masyarakat di mana alokasi belanja properti tidak lagi menjadi prioritas di tengah pandemi Covid-19. (Ira)

BERITA REKOMENDASI