Perluas Peserta, Butuh Sinergi Seluruh Elemen

JAKARTA (KRjogja.com) – Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto menegaskan tentang pentingnya sinergi seluruh elemen yang ada untuk mencapai target utama dalam upaya perluasan cakupan kepesertaan dan pelayanan sustainable.

"Itu harus dilakukan melalui sinergi semua elemen, seperti kelembagaan, pelayanan, sistem IT, komunikasi, keuangan, investasi, SDM, dan kepesertaan itu sendiri," kata Agus di sela Rapimnas dengan tema 'Memperkuat Kapasitas Organisasi dan Kemitraan Strategis untuk Optimalisasi Cakupan Kepesertaan' di Jakarta, Kamis (04/08/2016) malam.

Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan pada semester pertama tahun 2016, menurutnya, cukup memuaskan dengan capaian tenaga kerja aktif per 30 Juni 2016 mencapai 19,6 juta pekerja yang setara dengan 89,6 persen dari target kepesertaan tahun 2016. Sementara kepesertaan perusahaan aktif telah mencapai 97,8 persen dari target tahun 2016.

"Target iuran juga telah mencapai 51,6 persen atau sebesar Rp22 Triliun. Jadi, kami mendapatkan hasil yang cukup memuaskan pada semester pertama tahun 2016 ini dan mendapatkan surplus Rp648 Milyar meski pada semester I tahun 2016 perekenomian nasional masih mengalami perlambatan," jelas Agus.

Mengenai arah perluasan kepesertaan, kata Agus, akan difokuskan pada enam hal di antaranya adalah akuisisi berdasarkan peta jalan SJSN yang fokus pada kepesertaan pekerja Penerima Upah( PPU). Selain itu memaksimalkan internal membership equity melalui layanan pengaduan upah pada BPJSTK Mobile, juga  melakukan ekspansi masif akuisisi ke sektor pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). (Ful)

BERITA REKOMENDASI