Persiapan BI Luncurkan Desain Baru Uang Rp10 Ribu

JAYAPURA (KRjogja.com) – Bank Indonesia (BI) akan segera meluncurkan desain baru uang pecahan Rp10.000 bergambar Pahlawan Nasional asal Papua, Frans Kaisepo. 

"Salah satu desain baru uang NKRI adalah dengan dimasukkannya gambar Pahlawan Nasional asal Papua Frans Kaisepo, sebagai gambar depan uang kertas NKRI dengan pecahan Rp10.000,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Joko Supratikto di Jayapura, Minggu (11/12/2016).

Dikatakan, penetapan desain baru uang yang diberi nama uang NKRI tersebut sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011, tentang mata uang. "Sudah diatur dalam UU Mata Uang, sesuai dengan UU Nomor 7 tahun 2011, dan penetapan uang tersebut juga sudah dilakukan koordinasi Bank Indonesia dengan Pemerintah," kata Joko. 

Koordinasi Bank Indonesia yang dilakukan meliputi, koordinasi dengan Kementrian Keuangan, Kementrian Sosial, Sekretaris Kabinet, Kementrian Hukum dan HAM, termasuk dalam pengurus persetujuan penggunaan gambar pahlawan Nasional oleh ahli waris. Hingga dalam waktu uang desain baru tersebut sudah akan diedarkan kepada masyarakat. 

"Akan diedarkan secara serentak di seluruh Indonesia, dan bertahap, selanjutnya desain uang lama akan melalui proses alami, yang artinya uang yang sudah tidak layar edar akan ditarik dan digantikan dengan desain baru melalui mekanisme perbankan maupun kas keliling,” paparnya. 

Sekadar informasi, Frans Kaisepo adalah pahlawan Nasional asal Papua kelahiran Biak 10 Oktober 1912 dan meninggal di Jayapura pada 10 April 1979. Gelar Pahlawan Nasional di sematkan kepada Frans Kaisepo atas dedikasinya saat terlibat dalam Konferensi Malino pada tahun 1946, yang membicarakan mengenai pembentukan Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua, yang juga mengusulkan nama Irian Barat, yang saat ini sudah berganti menjadi Papua.  (*)

BERITA REKOMENDASI