RI Raih Peringkat Tertinggi di GRI 2020

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia meraih peringkat tertinggi dari 27 negara akan kepercayaan publik terhadap keterbukaan informasi pada SustainabIe Report menurut hasil survei GlobeScan dan Global Reporting Initiative (GRI) tahun 2020.

Menurut Juru bicara Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) Sekar Putih Djarot, di Jakarta, Senin (26/10), penilaian ini menandakan transparansi-kinerja-mayotitas perusahaan di Indonesia telah seauai dengan standar pengungkapan pada aspek Iingkungan, sosial dan tata kelola (LST) dalam setiap proses bisnisnya. serta dapat meningkatkan kepercayaan investor dalam mendukung pembiayaan/investasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Pencapaian ini selaras dengan komitmen OJK dalam mendukung pengembangan Inisiatif

Dijelaskan hasil survei GlobeScan dan Global Reporting Initiative (GRI) menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap pengungkapan informasi dalam Laporan Keberlanjutan meningkat signifikan, mencapai rata-rata 51 persen di tahun ini. Jauh dibandingkan hasil survei yang sama pada tahun 2003 hanya sebesar 30 persen. Dari seluruh negara yang di survei, tingkat kepercayaan publik di Indonesia tertinggi mencapai 81 persen. bahkan diatas China yang berada di posisi ke-4 dengan tingkat 73 persen.

“Survei juga dibandingkan dengan pencapaian sebelumnya pada tahun 2016. Tahun 2020 Indonesia mengalami peningkatan sebesar 2bpersen dari sebelumnya 79 persen menjadi 81 persen hingga menjadi peringkat pertama. Sementara China yang sebelumnya berada di peringkat pertama pada tahun 2016 mengalami penurunan dari 80 persen menjadi 73 persen,” tegasnya.

Dikatakan, melalui peningkatan tren yang terus meningkat, kebutuhan pengungkapan informasi keberlanjutan semakin diperlukan. Investor dan stakeholders lain mulai mengungkap kinerja LST menjadi salah satu indikator ketahanan perusahaan. Kondisi ini didukung oleh observasi pada pasar saham global yang menunjukkan perusahaan berkinerja LST dengan baik, lebih mampu mempertahankan kinerjanya. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI