RI Siap ‘Borong’ 30 Juta Vaksin Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah mengupayakan penanganan Covid-19 dengan pengadaan vaksin Corona. Diperkirakan Indonesia memiliki akses untuk mendapatkan 30 juta vaksin Biofarma pada akhir tahun. Hal ini seiring kerjasama pengembangan vaksin juga dilakukan oleh Astra Zeneca, Moderna/Institute of Allergy and Infectious Diseases.

“Kita berharap sampai akhir tahun kita bisa mempunyai akses terhadap 30 juta vaksin produksi di Biofarma. Ini merupakan inisiatif yang paling depan,” katabMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jakarta, Rabu (26/8).

Dikatakan, saat ini uji klinis vaksin covid-19 dengan Sinovac sedang berlangsung di Bandung. Adapun uji klinis ini bisa selesai pada akhir tahun. Selain itu, uji klinik fase ke-3 antara Kimia Farma dengan Wuhan Institute Biological Products di Uni Emirat Arab (UEA) juga tengah dijalani.

“Selain itu, kerjasama juga dilakukan antara Kalbe dengan Genexine Korea. Berbagai vaksin ini diharapkan dapat untuk memastikan Covid-19 ini dapat dihentikan atau dimitigasi,” katanya.

Menurutnya, pemerintah Indonesia akan memperoleh vaksin sebagai public goods dengan harga direntang 5-10 dolar AS melalui GAVI/CEPI. “Berbagai vaksin ini diharapkan dapat memastikan COVID-19 untuk dihentikan atau dimitigasi,” katanya.

BERITA REKOMENDASI