RI Siap ‘Borong’ 30 Juta Vaksin Covid-19

PROGRAM PEN

Airlangga juga mengataka pemerintah melakukan realokksi anggaran kesehatan dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Semula anggaran kesehatan yang awalnya sebesar Rp 87,55 triliun akan direalokasi untuk pemulihan ekonomi menjadi sebesar Rp 72,73 triliun. Hal ini dilakukan untuk proses pemulihan ekonomi bisa dioptimalisasi. “Tentunya juga diharapkan dilakukan optimalisasi terhadap pemulihan ekonomi, yaitu penyelesaian anggaran tambahan dari Rp 87,55 triliun menjadi Rp 72,73 triliun,” ujarnya.

Namun demikian, Airlangga tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pos anggaran yang bakal mendapatkan tambahan selisih dari pengurangan anggaran kesehatan sebesar Rp 14,82 triliun tersebut.
“ ini ada pergeseran anggaran dan kami masih memonitor usulan program program baru,” katanya

Hanya saja, Airlangga tidak menjelaskan secara detail, program pemulihan ekonomi seperti apa yang akan mendapat realokasi dana kesehatan tersebut.
Untuk diketahui, anggaran kesehatan yang Rp 87,55 triliun tersebut baru terealisasi Rp 7,36 triliun.

Dengan rincian untuk insentif tenaga kesehatan pusat dan daerah sudah direalisasikan Rp 1,86 triliun, santunan kematian tenaga kesehatan yang meninggal Rp 21,6 miliar, anggaran untuk gugus tugas Covid-19 Rp 3,22 triliun, dan insentif bea masuk serta Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk alat serta produk kesehatan Rp 2,26 triliun. ( Lmg)

BERITA REKOMENDASI