Salurkan KUR ke Sektor Perikanan, BNI Pertajam kerjasama dengan Perusahaan Teknologi

BANTUL, KRJOGJA.com – Guna memajukan sektor produksi dan memantapkan program ketahanan pangan di Indonesia terus digaungkan oleh berbagai pihak dalam berbagai sektor. Dalam peluncuran aplikasi dan teknologi sektor perikanan oleh PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk kembali berkolaborasi dalam merealisasikan penyaluran Kredit Usaha Kecil (KUR) pada para nelayan dan petambak.

Sebelumnya kolaborasi antara BNI dan MSMB telah berhasil dilaksanakan dalam acara Sarasehan Pertanian Smartfarming yang bertajuk Gerakan Menyongsong Pertanian (GMP) 4.0 di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Acara yang bertajuk Demokratisasi Pertanian di Era Industri 4.0 dilakukan di Balai Srigading, Pantai Samas, Bantul DIY pada Senin (17/2/2020) dihadiri langsung oleh Andy Yusdiman selaku Head of Business Banking (HBB) BNI Kantor Wilayah Yogyakarta. Beliau menyatakan, peran BNI dimaksudkan untuk memastikan agar para petambak dan nelayan mendapatkan akses pembiayaan yang murah, mudah, disertai pendampingan yang cukup.

Akses yang mudah untuk pembiayaan didukung dengan kemudahan transaksi melalui 14.414 Agen46 yang tersebar hingga ke pedesaan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Direktur Perbenihan Kementrian Kelautan & Perikanan, Ir Coco Kokarlan Soetrisno  berharap dengan adanya FistX ini dapat meningkatkan minimal 2x lipat hasil panen ikan tuna, udang, dll sehingga pada akhirnya dapat mengingkatkan devisa Negara dan meningkatkan lapangan kerja untuk masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, BNI menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada para nelayan dan petambak. Penyaluran KUR tersebut menambah portofolio penyaluran KUR BNI di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020, dimana awal tahun ini saja penyaluran KUR BNI di DIY mencapai Rp 22 M.(*)

BERITA REKOMENDASI