Sektor Pertanian Jadi Andalan, Ekonomi DIY Triwulan III 2021 Diprediksi Melambat

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Sektor pertanian tengah diandalkan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan III 2021 nantinya. Berbagai sektor menghadapi tekanan, tetapi sektor pertanian mencatatkan capaian positif di tengah pandemi Covid-19 dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

” Pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan III saya perkirakan akan melambat dibandingkan triwulan sebelumnya. Penerapan PPKM level 4 yang berkepanjangan sejak Juli 2021 berdampak cukup besar pada kegiatan ekonomi masyarakat,” ujar Pengamat Ekonomi dari UPN Veteran Yogyakarta Ardito Bhinadi kepada KR di Yogyakarta, Selasa (24/8/2021).
Ardito mengatakan pelaksanaan kebijakan PPKM baik berupa penutupan maupun pembatasan sementara aktivitas perdagangan, pariwisata, dan pendidikan berpengaruh besar terhadap geliat ekonomi DIY di triwulan III  2021. Di sisi lain, proyek-proyek pembangunan infrastruktur pendukung Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) mulai berkurang. Dari sisi permintaan, sudah tidak ada pemicu yang dapat mendorong meningkatnya konsumsi masyarakat DIY pada triwulan III 2021.
” Sektor pendidikan yang biasanya tumbuh di triwulan III yang bersamaan dengan datangnya tahun ajaran baru pun belum bisa berjalan normal. Industri pariwisata yang jadi sektor andalan DIY juga belum bergerak karena masih ditutup sesuai kebijakan PPKM,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI