Selamatkan UMKM, Pulihkan Ekonomi DIY

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRjogja.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus menjadi prioritas pemulihan ekonomi di DIY di tengah pandemi Covid-19. Sebab UMKM bisa menjadi sabuk pengaman yang bisa menyelamatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus penyerapan tenaga kerja saat ini. Untuk itu, pemerintah diminta segera melakukan pemulihan ekonomi dengan mendahulukan penyelamatan pemulihan UMKM agar perekonomian segera pulih.

Anggota Tim Ahli ISEI DIY Fahmy Radhi mengatakan pandemi Covid-19 belum diketahui kapan berakhir dan telah berdampak signifikan terhadap perekonomian, termasuk perekonomian di DIY. Krisis moneter pada 1998 lalu membuat para konglomerat jatuh tetapi UMKM masih bisa bertahan dan menjadi sabuk pengaman yang menyelamatkan baik itu pertumbuhan ekonomi maupun penyerapan lapangan kerja. UMKM justru kolaps ada masa pandemi ini sehingga UMKM-lah yang harus diselamatkan agar perekonomian segera pulih.

“Saya berpendapat prioritas yang harus dilakukan pemerintah untuk melakukan recovery atau pemulihan ekonomi adalah mendahulukan UMKM. Karena menyelamatkan UMKM lebih penting dengan berbagai pendanaan dan sebagainya. Saya yakin jika UMKM di DIY sudah bangkit kembali akan menyerap tenaga kerja yang paling besar Sementara, jika berharap dari industri besar atau manufaktur masih membutuhkan waktu pemulihan lama. Jadi harapan membuka lapangan pekerjaan dari perusahaan besar dan investor itu kecil dan lama,” tuturnya dalam Bincang Bincang KR-ISEI DIY yang dipandu Wakil Pemimpin Redaksi SKH Kedaulatan Rakyat Ronny Sugiantoro di Warung Sate Tegal Kambing Muda Condong Catur Depok Sleman, Sabtu (4/9).

Fahmy menyatakan program afirmatif terhadap UMKM semestinya menjadi prioritas utama dalam program pemulihan ekonomi pemerintah. Sementara ini, nasib UMKM di DIY sudah mulai sesuai jalurnya meskipun di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di DIY. Kebijakan pembatasan tersebut setidaknya bisa menurunkan jumlah kasus Covid-19 dan menguatkan pelaksanaan percepatan vaksasi Covid-19 sudah nilainya tepat, setelahnya baru pemulihan ekonomi.” Pemulihan ekonomi disini dengan mengembalikan atau memulihkan (recovery) UMKM. Karena UMKM adalah sabuk pengaman baik terhadap pertumbuhan ekonomi maupun lapangan kerja,” tandas Dosen Sekolah Vokasi UGM ini.

BERITA REKOMENDASI