Sinergi, Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi 2019

JAKARTA, KRJOGJA.com – Gubernur Bank Indonesia ( BI) Perry Warjiyo mengatakan,  sinergi merupakan kunci utama menghadapi berbagai tantangan guna meningkatkan kinerja perekonomian nasional di tahun 2019.
Apalagi prospek ekonomi Indonesia tahun 2019 diprakirakan tetap baik, di tengah perekonomian global yang belum kondusif. 

Hal tersebut ditopang semakin solidnya sinergi kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia, Pemerintah, OJK, dan otoritas terkait dalam satu bauran kebijakan ekonomi yang saling memperkuat termasuk sinergi kebijakan reformasi struktural. "Perekonomian masih menghadapi tantangan struktural baik dari sisi global maupun domestik yang tetap harus diwaspadai.  Sinergi merupakan kunci utama menghadapi berbagai tantangan tersebut,” kata  Gubernur BI Perry Warjiyo, dalam peluncuran buku Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) tahun 2018 di Jakarta, Rabu  (27/3).

Dikatakan, pada 2019, Bank Indonesia terus menempuh bauran kebijakan guna memperkuat stabilitas eksternal dan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, dengan tetap menempuh kebijakan moneter yang preemptive danahead of the curve.

Dengan melanjutkan arah kebijakan makroprudensial yang akomodatif. Mengakselerasi pendalaman pasar keuangan guna menjaga stabilitas di pasar uang dan mendukung pembiayaan ekonomi secara lebih luas. Melanjutkan peran kebijakan sistem pembayaran dalam mendukung kegiatan ekonomi. (Lmg)

 

BERITA REKOMENDASI