Sinergi Terbentuk, Bisnis BRI Didorong Dari Mikro, Oleh Mikro dan Untuk Mikro

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pasca integrasi ekosistem ultra mikro nasional dalam satu sistem melalui Holding Ultra Mikro (UMi), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan semakin fokus di segmen mikro. Integrasi yang melibatkan PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM itu pun akan menjadi proses value creation khususnya bagi grass root ekonomi.

Terbentuknya sinergi dalam ekosistem ultra mikro akan memperkuat sumber pertumbuhan BRI yang sustainable ke depan sehingga akan memberikan value kepada para stakeholders terutama para pemegang saham BRI. Oleh karena itu, sudah selayaknya bahwa pemegang saham BRI ke depan didorong oleh para pemegang saham ritel terutama yang berasal dari para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dan juga para pekerja BRI. Hal ini tentunya akan memperkuat proposisi bahwa pertumbuhan bisnis yang berasal dari segmen mikro dan dikelola oleh ekosistem di segmen mikro akan memberikan value untuk para pelaku segmen ini juga.

Peningkatan kepemilikan saham BBRI oleh seluruh pekerjanya, penting untuk meningkatkan engagement pekerja untuk memajukan perusahaan. Sedangkan kepemilikan (saham) oleh para pelaku UMKM tentunya juga dapat menciptakan loyalitas nasabah karena BRI secara konsisten memberdayakan usaha atau bisnis mikro Indonesia. Fokus dan keperkasaan BRI di segmen Mikro ini diungkapkan oleh Pengamat pasar modal yang juga Founder Indonesia Superstocks Community Edhi Pranasidhi dan Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan.

“Hadirnya Holding UMi memang menjadi salah satu langkah tepat bagi BRI untuk memberikan nilai lebih bagi segmen mikro termasuk UMi di dalamnya, yang selama ini menjadi tulang punggung bank dengan jaringan terluas di Tanah Air itu. Pun demikian nilai tambah BRI akan pula didapatkan investor di pasar modal melalui potensi bisnis segmen mikro dan ultra mikro yang menjanjikan di masa mendatang,” ujar Edhi Pranasidhi.

BERITA REKOMENDASI