Singapura – RI Segera Sepakati Pertukaran Informasi Keuangan

JAKARTA,KRJOGJA.com – Indonesia akan melakukan perjanjian pertukaran informasi keuangan khususnya dalam hal perpajakan dengan Singapura. Hal tersebut usai sebelumnya Indonesia menandatangani perjanjian yang sama dengan Hong Kong.

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Hestu Yoga Saksama mengatakan, Indonesia masuk dalam 100 negara yang berkomitmen untuk melaksanakan Automatic Exchange of Information (AEoI).

Namun dari 100 negara tersebut, masih ada 10 negara yang menerapkan Bilateral Competent Authority Agreement (BCAA).‎ Sedangkan 90 negara lain sudah menerakan Multilateral Competent Authority Agreement (MCAA).

‎"Dalam AEoI ada 90 negara yang MCAA, dan 10 negara MCAA. Indonesia itu MCAA. Kalau dia MCAA, kita tidak perlu buat agreement satu per satu," ujar dia di Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Yoga menyatakan 10 negara yang menerapkan BCAA yaitu Hong Kong, Singapura, Panama, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Makao, Dominica, Vunuatu, Trinidad & Tobago dan Bahama. Oleh sebab itu, jika ingin dapat melakukan pertukaran informasi dengan 10 negara tersebut, Indonesia harus melakukan penandatangan BCAA.

"Kita buat prioritas, kemarin dengan Hong Kong, Singapura, Brunei, dan lainnya. Mungkin ada negara yang tetap (penandatanganan) meski bukan prioritas karena orang kita tidak banyak menaruh uang di sana," kata dia.(*)

BERITA REKOMENDASI