Sri Mulyani Menkeu Terbaik 2018 Global Market

NUSA DUA, KRJOGJA.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Menkeu) dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Tahun 2018 versi majalah Global Markets. Anugerah Finance Minister of the Year East Asia Pacific ini diberikan karena kiprah Bendahara Negara tersebut dalam mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang, saat kembali menjabat Menkeu kedua kalinya.

Penghargaan ini diberikan di tengah Pertemuan Tahunan IMF-WBG Bali 2018. Global Markets adalah majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional yang 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional.

Global Markets menilai Sri Mulyani mendapat tantangan terbesarnya saat datang kembali. Di mana perekonomian Indonesia menawarkan potensi besar tetapi memberikan beban persoalan yang serius bagi Kementerian Keuangan. Persoalan tersebut yakni pengumpulan pajak telah lama menjadi masalah Indonesia.

Menurut Global Markets, Sri Mulyani telah mengatasi dua persoalan, yaitu pengumpulan pajak dan penyerapan anggaran pemerintah. Pengumpulan pajak tahun lalu (2017) mencapai 91% dari target, meningkat dari dua tahun sebelumnya yang sebesar 83%.

Peningkatan ini didorong kebijakan amnesti pajak yang membantu manarik kembali kekayaan Indonesia di luar negeri ke Tanah Air. Sementara belanja pemerintah tumbuh cepat dalam tiga tahun sejak 2017, mencapai 21,1% dari PDB. Sedangkan serapan APBN meningkat dari 73% pada tahun 2016 menjadi 97% pada tahun 2017, jadi level tertinggi dalam enam tahun terakhir. (*)

 

BERITA REKOMENDASI