Suku Bunga The Fed Diprediksi Naik 4 Kali

JAKARTA (KRjogja.com) – Ekonom DBS Group Research Gundy Cahyadi memprediksi suku bunga Bank Sentral AS The Fed akan naik hingga sebanyak empat kali pada tahun ini. "Kami masih memiliki pandangan bahwa The Fed akan menaikkan suku bunganya sebanyak empat kali sepanjang tahun ini," ujar Gundy di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Gundy menuturkan, pemulihan di Amerika Serikat telah terus berlanjut. Masalah ketenagakerjaan yang terjadi setelah krisis finansial global pada 2008-2009 yang lalu, boleh dibilang hampir 100% hilang. 
"Perekonomian AS saat ini telah kembali di level full-employment. Selain itu, inflasi juga telah mencapai target The Fed, melewati level 2 persen sejak Desember 2016," katanya. 

Gubernur The Fed Janet Yellen sendiri sebelumnya mengatakan bahwa kebijakan fiskal adalah salah satu faktor yang akan mempengaruhi arah kebijakan moneter selama beberapa tahun ke depan. Namun ia menegaskan kembali bahwa masih terlalu dini untuk menilai dampak dari kemungkinan perubahan kebijakan ekonomi, karena ukuran, waktu dan komposisi perubahan tersebut masih belum pasti. 

Yellen juga menekankan bahwa bank sentral mungkin akan terus menaikkan suku bunga secara bertahap, karena ekonomi tampaknya tidak mungkin meningkat secara kuat dalam waktu dekat, karena faktor-faktor seperti permintaan luar negeri yang lemah dan pertumbuhan pasar tenaga kerja lebih lambat. (*)

BERITA REKOMENDASI