Tak Hanya Restrtrukturisasi Kredit, BNI Yogya Berikan Empat Hal ini Bagi Nasabah

MEREBAKNYA Covid-19 atau virus corona memukul pengusaha UMKM dan perbankan di Yogyakarta. Salah satunya adalah nasabah PT Bank Negara Indonesia Tbk Kanwil Yogyakarta sehingga bank tidak tinggal diam guna membantu kesulitan para debitornya. Berikut empat hal ini diberikan salah satu bank plat merah berkode BBNI ini :

Restrukturisasi 2000 Industri Kecil

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Wilayah (Kanwil) Yogyakarta memberikan restrukturisasi bagi 2.000 pelaku usaha kecil senilai sekitar Rp 4,7 triliun (outstanding bagi hasil) yang terdampak Covid-19 paling tidak akhir April 2020 ini.

Perseroan juga telah melakukan eksekusi restrukturisasi bagi 400 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di DIY yang telah diseleksi secara ketat agar tidak ada aji mumpung dalam kondisi pandemi Covid-19.

Seleksi Ketat

Head of Region / Head of Network & Services BNI Kanwil Yogyakarta Moh. Hisyam mengatakan pihaknya benar-benar jeli melakukan pendataan atau inventarisasi debitur yang terdampak Covid-19 di DIY dan sekitarnya. Hal ini diperkuat dengan hadirnya Permenko terutama bagi kredit usaha kecil maka Pemerintah menjamin penundaan baik pembayaran pokok maupun bunga selama enam bulan.

“Pemetaan atau mapping debitur yang terdampak, kita mengacu kepada besaran yang disampaikan oleh Permenko tersebut. Mayoritas debitur yang terdampak dalam Covid-19 di DIY adalah yang bergerak di sektor pariwisata seperti perhotelan sudah berhasil didata agar segera mendapatkan keringanan,” kata Hisyam di Yogyakarta, Minggu (26/4).

“Kita cek evaluasinya seperti apa, tetapi seluruhnya ini jangan sampai terjadi moral hazard atau penyimpangan moral terutama bagi nasabah atau debitur besar yang sengaja memanfaatkan momentum ini. Jangan sampai mereka jadi aji mumpung mendapatkan keuntungan dalam kondisi seperti ini tetapi malah meminta penundaan pembayaran dan lain sebagainya,” ungkap Hisyam.

BERITA REKOMENDASI