Taspen Siap Terapkan Pembayaran Pensiun Digital

BOGOR, KRJOGJA.com – PT Taspen (Persero) menggandeng PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma), anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), siap menerapkan layanan digital pembayaran pensiun pada kuartal I tahun 2018.

Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, penerapan secara digital ini akan mempermudah autentikasi peserta dan mempermudah perseroan dalam melakukan pemantauan ataupun pelaporan terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun. 

”Saat ini jumlah peserta Taspen mencapai 2,5 juta pensiunan dengan penyaluran dana keseluruhan sebesar Rp7 triliun. Pembayaran secara digital ini akan mempermudah para peserta dan para karyawan Taspen,” kata Iqbal usai menghadiri peluncuran Layanan Digital Pembayaran Pensiunan Taspen di Bogor, Jawa Barat, Sabtu kemarin, 20 Januari 2018.

Adapun pemanfaatan teknologi melalui digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun meliputi pengembangan sistem new e-Dapem, dan penerapan Taspen Smartcard secara nasional di mitra bayar dengan menggunakan autentikasi online terpusat dengan berbasis data biometrik, seperti sidik jari, perekaman wajah, dan perekaman suara.

Pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai bentuk pembuktian penerima pensiun masih hidup (proof of life) yang dapat diakses melalui aplikasi mobile. Aplikasi ini dapat diinstal pada smartphone dengan autentikasi mandiri penerima pensiun atau mitra bayar sehingga dapat mempermudah proses autentikasi agar lebih cepat, dan akurat.

”Kami akan mulai menerapkan layanan ini pada Mei-April 2018, diharapkan dalam 6-8 bulan ke depan sekitar 2,5 juta pensiunan sudah bisa memperoleh layanan digital pembayaran pensiun,” ujarnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI